Selasa, 20 Agustus 2013

PROKLAMASI NKRI


 
PROKLAMASI DAN PROSES TERBENTUKNYA NKRI


A.   PENGERTIAN PROKLAMASI
Proklamasi adalah pernyataan suatu bangsa untuk bebas dari penjajah.  Jadi kepanjangan dari arti proklamasi adalah suangtu bangsa yang telah bebas dari penjajah dan tidak bisa di jajah lagi karena sudah memenangkan peperangan antara penjajah.

 B.PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN 17 AGUSTUS 1942
Bangsa indonesia telah melewati  peristiwa itu setelah tanggal 17 Agustus 1942 memproklamasikan kemerdekaan. Akibat penderitaan pada masa penjajahan tersebut mendorong timbulnya semangat untuk melepaskan diri dari penjajah.
1.  Akhir Kekuasan Jepang di Indonesia
Pada akhir tahun 1944, kedudukan jepang di Asia Timur Raya semakin terdesak. Maka pada tanggal 7 September 1944 perdana mentri Kaiso, maka pemerintah jepang berjanji untuk memberikan kemerdekaan untuk indonesia. Pemimpin Lednan Jendral Kumakici Harada pada tanggal 1 Maret 1945 mengumumkan untuk pembentukan badan penyelidik usaha – usaha persiapan indonesia (BPUPKI). Tugas BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki hal yang penting yang berhubungan dengan berbagai hal yang menyangkut hal kemerdekaan INDONESIA. Kemudian pada tanggal 9 Agustus kota nagasaki di bom oleh sekutu. Aki9bat pengebomanya kota Hirosima dan Nagasaki oleh amerika mengakibatkan jepang kehilangan kekuatan.
2.  Peristiwa Rengasdengklok
Penyerahan jepang kepada sekutu menghadapkan para pemimpin indonesia pada masalah yang cukup berat. Indonesia memiliki kekosongan kekuasaan. Adanya kekosongan kekuasaan menyebabkan konfli antara golongan muda dan golongan tua mengenai masalah kemerdekaan Indonesia. Setelah mengetahui pendirian golongan tuan, golongan muda mengadakan rapat menjelang pukul 24.00. dalm rapat itu diputuskan untukl mengasingkan Soekarno dan Hatta ke luar kota. Pagi – pagi sekitar pukul 04.00, tanggal 16 Agustus 1945 Soekarno dan Hatta di bawa ke rengasdengklok. Semula para pemuda tidak mau melepaskan Soekarno – Hatta. Ahmad Subarjo memberi jaminan bahwa proklamasi akan diumumkan tanggal 17 Agustus 1945 keesokan harinya.
3.  Pernyataan Proklamasi Kemerdekaan
Pelaksanaan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan dilaksanakan pada hari jum’at tanggal 17 Agustus 1945. Sesuai dengan kesepakatan bersama yang di ambil dirumah Laksana Maeda, menjelang pukul  10.00 WIB para tokoh Indonesia telah berdatangan ke rumah Ir Soekarno. Mereka menghadiri untuk menjadi saksi kemerdekaan Indonesia.
4.  Penyebaran Berita Proklamasi
Saat setelah teks proklamasi di bacakan, berita proklamasi disebar luaskan secara cepat oleh segala lapisan masyarakat di sekitar jakarta, dengan berbagai cara , antara lain dengan menyebar panflet, mengadakan pertemuan, dan menulis pada tembok – tembok.
  C.   CARA MENJADI PAHLAWAN JAMAN SEKARANG
          Dengan cara :
1.      Menghormati orangtua
2.      Sopansantun terhadap guru
3.      Belajar denan giat
4.      Mengharumkan nama bangsa indonesia dimata dunia
Sebenarnya bangsa indonesia adalah bangsa yang makmur jika masyarakatnya bisa menerapkan 4 prinsip tersebut dan tidak lupa harus berpedoman kepada Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar