Minggu, 18 Agustus 2013

BENTUK KEPEMIMPINAN DALAM PASKIBRA

KEPEMIMPINAN  LEADERSHIP& MANAGEMENT
Ø pengertian
·      Lead                     : peranan penting / petunjuk
·      Leader                  : pemimpin / tokoh
·      Ledership              : kepemimpinan
·      Manage                 : mengatur, mengurus, melaksanakan
·      Management          : ilmu memanage

v Unsur dalam kepemimpinan
a)   Partisipasi
b)   Memandang kedepan, mengarahkan dan menggerakkan
c)   Pemimpin tidak boleh merasa puas
d)  Keterbukaan dan dukungan
v Gaya kepemimpinan
a)   Karismatis
Melihat kedepan dan selalu mendahului.
b)   Kepemimpinan otoritatis (otoriter)
Pemimpin otoritas mempunyai pegangan dalam tindakan.
c)   Kepemimpinan konsultatif
Pemimpin konsultatif memperbaiki partisipasi lewat sumbangan ide, gagasan, inisiatif (prakarsa) anggota kelompok.
d)  Kepimpinan kolegial
Memupuk penghargaan satu sama lain, mengalihkan konflik dalam hal kompetisi menjadi kerja sama yang subur.
v Hasta batara merupakan tuntunan laku pada seorang satria yang dipilih (pemimpin yang terpilih).
-          Hasta berarti delapan dan batara berarti laku, watak, atau sifat utama yang diambil dari sifat alam.
Yaitu         :
1)   Batara wisnu   
Simbol bumi atau tanah yang tugasnya adalah memelihara dan membangun peradaban di bumi ini, perlambang dari kebijaksanaan.Seorang  pemimpin harus bersifat sentosa, suci,pemurah serta selalu memperjuangkan kehidupan rakyat yang tergambar dalam tutur kata, tindakan serta tingkah laku sehari – hari.
2)   Batara bayu
Dewa angin yang merupakan perlambang kekuatan.Meskipun tidak tampak tetapi dapat dirasakan berhembus tanpa henti, merata keseluruh penjuru dan tempat.Seorang pemimpin seharusnya bersifat teguh dan bersahaja, selalu dapat mencermati setiap permasalahan dari bangsa yang terjadi, menyuarakan dengan lantang kepentingan rakyat sebagai bagian dari kekuatan kebangsaan.
3)   Batara baruna
Dewa laut atau samudera luas, tidak pernah menolak apapun yang datang memasukinya, mnerima dan menjadi wadah apa saja. Seorang pemimpin hendaknya luas hati dan kesabarannya.Tidak mudah tersinggung bila dikritik, tidak terlena oleh sanjungan dan mampu menampung segala aspirasi rakyat dari golongan maupun suku manapun serta bersifat pemaaf.
4)   Batara ratih
Dewi bulan yang selalu berbuat lembut, ramah dan sabar kepada siapa saja ; sebagai planet pengiring matahari, bulan bersinar dikal gelap malam tiba, dan memberikan suasana tentram dan teduh. Seorang pemimpin hendaknya selalu rendah hati, berbudi luhur serta menebarkan suasana tentram kepada rakyat.
5)   Batara surya
Dewa matahari yang terang benderang memancarkan sinarnya tiada pernah berhenti, segalanya diterangi, diberinya sinar cahaya tanpa pandang bulu.Seorang pemimpin harus bisa memberikan pencerahan kepada rakyat, berhati – hati dalam bertindak seperti jalannya matahari yang tidak tergesa – gesa namun pasti dalam memberikan cahayanya kepada semua makhluk tanpa pilih kasih.
6)   Batara indra
Dewa langit yang kadang kala sangat indah, kadang menakutkan, tetapi kalau sudah berubah menjadi hujan merupakan sumber penghidupan bagi semua makhluk hidup.Seorang pemimpin harus berwibawa dan menakutkan bagi siapa sajayang berbuat salah dan melanggar peraturan namun disamping itu selalu berusaha juga untuk memberikan kesejahteraan.
7)   Batara brama
Dewa api yang panas membara, kalau disulut akan berkobar membakar, menghanguskan dan memusnahkan apa saja tanpa pandang bulu, tetapi juga sangat bermanfaat. Seorang pemimpin harus barani menindak siapapun yang bersalah tanpa pilih kasih dengan berpijak kepada kebenaran dan keadilan.
8)   Batara kartika
Dewa bintang yang menyinari menghiasi langit dimalam hari, menjadi kiblat dan sumber ilmu, kesusilaan budaya dan tingkah laku serta mempunyai konsep berfikir yang jelas.Bercita – cita tinggi mencapai kemajuan bangsa, teguh, tidak mudah terombang – ambing dan mudah dipercaya.





0 komentar:

Posting Komentar